Cara Termudah Burning CD/DVD Tanpa Software

kemarin saya menginstal laptop yang bermasalah pada system operasinya, untuk menginstal laptop tersebut harus membutuhkan media penyimpanan untuk menyimpan sebuah file system operasi untuk menginstal laptop tersebut, contohnya seperti CD/DVD Rom, flash disk dan sebagainya, namun seiring dengan perkembangan teknologi, orang orang lebih memilih media penyimpanan flash disk, hardisk eksternal dan memory card.

karena saya tidak mempunyai media penyimpanan Flash disk, saya akan menggunakan CD/DVD untuk menyimpan file system operasi, harga dari CD/DVD lebih murah dari Flash Disk, CD/DVD sangat berguna digunakan pada saat kita dalam situasi emergency seperti flash disk kita ketinggalan, padahal flash disk tersebut dipakai untuk menyimpan file yang sangat berharga, untuk mencari CD/DVD Rom tidaklah susah, CD/DVD Rom bisa kita dapat pada toko komputer terdekat.

untuk menyimpan file system operasi ke dalam CD/DVD kita harus memburning atau memasukkan data ke cd/dvd rom, ketika kita memburning cd/dvd maka diperlukan software khusus untuk memburning file dari komputer ke cd/dvd rom seperti nero, ashampoo burning dan sebagainya, kali ini saya akan memburning cd/dvd tidak menggunakan software nero, ashampoo burning dan sebagainya.

karena system operasi windows suda mempunyai software bawaan jadi tidak perlu lagi repot repot menginstal software khusus untuk memburning. adapun cara Burning CD/DVD Tanpa Software sebagai berikut.

masukkan cd/dvd rom ke dalam dvd drive, lalu akam muncul autoplay cd/dvd
kemudian klik burn files to disc



kemudian akan muncul pilihan pada jendela burn a disk. dua pilihan tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. saya akan membagikan cara dari kedua pilihan tersebut.

untuk pilahan live file system
save, edit and delete files on the disc anytime. the disc will work on computers running windows xp or later. (live file system). pilihan tersebut berfungsi seperti usb flash drive, kita dapat menyimpan, mengedit dan menghapus file pada disk kapan saja.



klik next untuk melanjutkan langkah selanjutnya, lalu akan muncul notifikasi formatting untuk melanjutkan proses formatting, klik yes untuk melanjutkan proses selanjutnya, kemudian cd/dvd akan melakukan proses formatting



setelah proses formatting selesai maka cd/dvd akan membuka jendela cd/dvd yang telah berfungsi seperti usb flash drive. jadi anda bisa menghapus, menambah data seperti halnya flash disk.


sedangkan untuk pilihan with a cd/dvd player
burn files in groups and individual files can't edit or removed after burning. the disc also work on most computers. mastered, berfungsi untuk membakar file dalam kelompok dan file individual, file yang suda dibakar tidak dapat mengedit atau dihapus setelah pembakaran.


klik next untuk melanjutkan langkah selanjutnya,

pindahkan/drag file yang ingin di burning ke cd/dvd lalu klik kanan pada file yang telah dipindahkan dan pilih burn to disc atau jika file berformat iso, klik kanan pada file iso kemudian klik burn disc image, jadi anda tidak perlu lagi memindahkan file iso ke cd/dvd.



kemudian klik burn untuk memulai proses burning cd/dvd

setelah proses  burning telah selesai maka cd/dvd akan keluar secara otomatis dari dvd drive.

dengan cara ini kita tidak perlu repot repot menginstal software untuk burning cd/dvd. akhir kata cukup sampai disini yaa teman teman, semoga artikel kali bermanfaat yaa.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »