Cara mereset Radio Ubiquity ke default pabrik melalui SSH

Cara mereset Radio UBNT ke default pabrik Via SSH - Hai sobatku sekarang saya akan membagikan pengalaman saya tentang mereset radio ubiquity melalui ssh. 

di hari pertama puasa bukannya kurang pekerjaan malah menumpuk gara gara hampir semua pelanggan internet yang berlangganan di tempat saya bekerja komplain internetnya tidak bisa di akses.

sampai puasa ketiga kami tidak memiliki kesempatan untuk istirahat agar pelanggan merasa puas dengan pelayanan kami.

puasa saya di uji kalau mendapat pelanggan yang cerewet dan marah marah, saya harus tahan emosi karena berpuasa. Setelah dicek satu per satu ternyata masalahnya di firmware, dan semua radio ubiquty tidak bisa diakses, Solusinya yaah harus direset dulu dan firmwarenya harus di update ke versi yang baru.

nah disini saya lupa membawah adaptor yang mempunyai tombol reset, ada 2 jenis adaptor ubiquty, kalau antena radio ubiquty yang versi lama tidak mempunyai tombol reset pada adaptornya, sebenarnya tombol reset juga berada pada perangkat radio ubiquty tapi harus naik ke atap dulu untuk mereset radionya.

antena radionya dipasang di sebuah pipa sepanjang enam meter, dan pipanya di paku pada bumbungan atap, syukur syukur kalau Cuma stenga pipa, kalau pipanya disambung menjadi dua ? ribet kan. Tujuannya hanya mereset dan mengupdate radio kalau tipe adaptornya tidak memiliki tombol reset berarti radionya harus diturunkan.  

Dari pada ribet seperti itu lebih baik saya memakai cara yang simpel dengan cara mereset radio melalui ssh, syaratnya harus mengetahui user name dan password untuk login ke radio ubiquity,  kalau lupa password atau salah berarti harus menurunkan antena radio ubiquity, selain di adaptor tombol reset juga berada pada perangkat radio ubiquity.

Untuk mereset radio ubiquity melalui ssh anda harus menyiapkan sebuah tools putty, untuk meremot radio ubiquty, jika belum ada, silahkan cari di search engine

buka tools putty yang anda download kemudian masukkan ip radio ubiquity pada kolom host name (or ip address), untuk pilihan connection type pilih ssh karena service default pada radio ubiquity ssh server, lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.




Kemudian muncul security alert, klik yes untuk login ke radio ubiquity

masukkan user name dan password radio, lalu ketikkan perintah cp /etc/default.cfg /tmp/system.cfg ;save;reboot kemudian tekan enter untuk memulai proses reset ke default pabrik.



kemudian radio akan melakukan proses restart, dan halaman login berubah menjadi default pabrik.

nah setelah radionya suda bisa diakses maka radionya akan diupdate firmwarenya agar bug atau masalah radio ubiquity tidak bisa diakses bisa normal kembali, performa radio akan lebih baik, dan akan ada penambahan fitur. semoga pengalamanku bermanfaat yaa.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »