PENTING !!! Serangan Virus @Ubiquity

Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatu – kali ini saya akan menulis tentang virus yang menyerang produk radio ubiquity.

suda berapa hari ini kami dari teknisi kerepotan untuk menghapus virus yang menyerang radio ubiquity, awalnya saya mendapatkan masalah ini pada saat saya di tugaskan  untuk mengecek koneksi  internet di bandara, dan masalahnya adalah saya tidak dapat mengakses radio melalui web http port 80.

setelah saya mencoba mengakses melalui https ternyata berhasil masuk ke halaman login ubiquity, setelah login ke radio ubiquity ternyata mode wireless di ganti menjadi akses point dan ssidnya berupa kata - kata kotor yang seharusnya tidak di pakai.

saya langsung menghubungi kepala teknisi dan solusi yang diberikan adalah harus mengupdate firmware ke versi yang baru.

kasus ini membuat saya jadi penasaran.setelah saya datang di kantor saya langsung menanyakan kasus ini pada kepala teknisi.

Katanya semua produk ubiquity yang mempunyai versi lama terserang virus, mungkin virus tersebut memblok akses port 80 (http), dimana kita tidak dapat mengakses melalui web.

Di hari berikutnya saya mendapatkan kasus yang sama tapi yang sekarang saya tidak dapat mengakses radio melalui http dan https, saya tidak dapat mengakses radio ubiquity melalui http dan https, port yang bisa diakses selain 80 dan 443 adalah port 22 (ssh).

contoh perankat radio ubiquity yang di serang virus adalah :
  • koneksi internet tetap berjalan tetapi tidak berjalan dengan normal, koneksi internet akan selalu putus secara otomatis.


  • internet tidak dapat di akses karena ping ke radio selalu terputus - putus (request time out).




untuk mengatasi radio ubiquity yang diserang virus,  dengan cara mereset radio ubiquity melalui ssh port 22.

setelah radio di reset maka firmware harus di update ke versi terbaru, jika tidak di update, firmware radio akan terserang kembali.

virus tersebut dapat dihapus melalui malware tools, untuk menghapus virus tersebut, maka dibutuhkan sebuah tools anti virus yang di desain khusus untuk menghilankan virus yang menyerang radio ubiquity, malware tools yang bernama curemalware.

jika virus tersebut tidak segera dihapus, virus tersebut akan merusak firmware radio ubiquity.

ada beberapa cara mengatasi  radio Ubiquity yang diserang virus :

cara ini saya gunakan untuk mereset radio ubiquity karena pada waktu itu saya belum mengenal malware tools, akses halaman web radio ubiquity tidak dapat di akses, karena port web di blok oleh virus, cara ini dapat kita gunakan untuk mereset radio ubiquity ke default pabrik atau membuka blokiran port 80 agar supaya kita dapat mengakses melalui web port 80. untuk mengakses radio ubiquity melalui ssh port 22 dibutuhkan user name dan pasword yang valid, jika user name dan pasword tidak valid, berarti yang harus dilakukan untuk mereset radio ubiquity dilakukan dengan cara mereset manual.

2. Reset manual radio ubiquity melalui adaptor
cara ini sangatlah mudah karena yang kita butuhkan hanyalah sebuah adaptor ubiquity, adaptor ubiquity mempunyai 2 jenis (adaptor ubiquity yang mempunyai tombol reset dan adaptor ubiquity yang tidak mempunyai tombol reset).

3. Malware tools
malware tools adalah anti virus yang di desain khusus untuk menghapus virus yang terdapat pada perangkat radio ubiquity. tools ini dapat kita download di forum ubnt. untuk menjalankan malware tools ini sih agak ribet karena memakai aplikasi command promt. dan perintah - perintah yang dijalankan di command promt harus cepat diketik, kalau sampai terlambat maka tools tersebut tidak akan memproses. mengapa harus cepat diketik ? karena ping keradio selalu putus - putus (Request timed out).


semoga tulisan ini bermanfaat yaaa.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »