Cara menghapus Virus di Radio Ubiquity



satu bulan ini ada laporan dari semua pelanggan, kalau internet yang mereka pakai mengalami masalah, dan kami dari teknisi harus pergi kerumah pelanggan untuk mengecek permasalahan pada internet mereka.


pertama saya mengunjungi pelanggan dan melihat masalah internetnya, saya kebingungan karena selama saya bekerja di perusahaan ISP (internet service provider) atau perusahaan penyedia layanan jasa internet.


kali ini saya mendapat masalah dimana akses ke web ubiquity tidak dapat dibuka tetapi ping ke google dapat berjalan dengan baik. awal masalahnya begitu, saat beberapa hari kemudian saya mendapat kasus yang berbeda.

dimana akses ke web ubiquity dan akses browsing tidak dapat dibuka. semakin bingung dan membuat penasaran, saya mencoba mereset radio ubiquity, setelah saya reset kemudian saya sett ke konfigurasi sebelumnya tetapi hasilnya tetap tidak konek ke internet tetapi bisa akses web ubiquity.

penyebab adanya virus di system ubiquity karena firmware tidak di update ke versi yang baru dan jika anda mendapat kasus seperti saya berarti radio ubiquity terkena virus.

oke langsung saja ke pembahasan cara menghapus virus di radio Ubiquity, hal yang pertama kita lakukakan adalah mendownload tool anti virus yang bernama ubnt-CureMalware. didalam tool ini suda ditanam firmware ubiquity versi 5.6.6 jenis XM dan XW

setelah selesai download tool anti virus ubnt, ekstrak semua file dari dalam winrar. kemudian dobel klik pada windows-curemalware lalu muncul tampilan dari tool anti virus ubnt.


masukkan ip radio ubiquity yang ingin di hapus virusnya pada format enter ip (s), contohnya ip default ubiquity 192.168.1.20 atau ip tujuan lalu tekan enter, ip tujuan dapat di lihat pada tool ubnt discovery.




C:\Users\ubnt\Downloads>windows-CureMalware.bat Skynet/PimPamPum/ExploitIM malware removal tool v1.0 for Ubiquiti devices

Copyright 2006-2016, Ubiquiti Networks, Inc. <support@ubnt.com>

This program is proprietary software; you can not redistribute it and/or modify it without signed agreement with Ubiquiti Networks, Inc.

Possible formats for IP(s):

IP <192.168.1.1>
IP list <192.168.1.1, 192.168.1.2>
IP range <192.168.1.1-192.168.1.254>
Enter IP(s): 192.168.1.20




lalu muncul tindakan dari tool tersebut. tindakan check untuk cek virus pada radio ubiquity, tindakan Check and Cure untuk cek virus dan menghapus virus, tindakan Check, Cure and Update untuk cek, menghapus dan update firmware radio ubiquity.

saran saya gunakan tindakan check and cure, karena pengalaman saya setelah virus di hapus biasanya ping ke radio masi tetap putus - putus (RTO), ketika kita memilih tindakan Check, Cure and Update dan keadaan ping ke radio masi putus-putus pada saat proses update firmware maka akan mengakibatkan radio rusak. 

jadi, pilih tindakan Check and Cure dengan cara ketik angka 2 pada enter actions.

jika proses pembersihan virus selesai, coba ping ke radio, jika pingnya tidak mengalami putus putus maka ulangi langkah diatas kemudian pilih tindakan Check, Cure and Update untuk update radio.




setelah selesai update, laman web ubnt kembali normal tetapi user login untuk masuk telah berubah

Note : Jika Anda tidak dapat mengakses perangkat , coba username : moth3r, untuk password saya tidak dapat menulisnya disini karena berbau kata-kata yang tidak sopan dan melanggar peraturan Google.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Ari Mulyanto
AUTHOR
January 10, 2017 at 2:32 PM delete

Gak tuntas bersihkan nya nih mas...klo di restart kemudian di scan dgn user default nya tidak terdeteksi. Mohon di infokan paswd nya.

Reply
avatar