Penyebab Web Browser Google Chrome Lemot Dan Cara Mengatasinya

bagi anda yang sering online pasti akan membutuhkan software web browser yang nyaman, ringan, tidak lemot dan tampilannya sederhana.

google chrome adalah web browser yang tepat karena tidak perlu menginstal extensi dan plugins untuk mendukung proses loading saat membuka suatu situs yang harus membutuhkan plugins.

contohnya flash player, flash player mendukung google chrome untuk membuka suatu video.

namun jika google chrome yang kita pakai suda terasa lemot itu berarti riwayat dari penelusuran di google chrome suda banyak menumpuk di dalam history google chrome atau ekstensi parasit yang terinstal bersamaan dengan aplikasi.

biasanya yang menyebabkan google chrome lemot bukan karena menumpuknya data penjelajahan di web browser google chrome tetapi terjadi permasalahan pada perangkat keras dan yang paling banyak mempengaruhi kecepatan performa sebuah perangkat lunak adalah hardisk dan Ram. 

jika kesehatan hardisk kurang dari 100 % maka akan mengakibatkan semua performa perangkat lunak jadi menurun.

untuk mengembalikan performa google chrome kembali seperti semula adalah dengan menghapus data penjelajahan di google chrome dan menghapus ekstensi yang membuat proses browsing kita jadi lambat. adapun cara menghapus data penjelajahan dan ekstensi sebagai berikut :


1. Hapus data penjelajahan di web browser google chrome dengan cara tekan ctrl + h kemudian klik hapus data penjelajahan.

2. lalu klik menu untuk menghapus riwayat penjelajahan dari waktu penjelajahan kemudian pilih awal waktu dan beri tanda cek list pada data penjelajahan yang ingin di hapus. kemudian klik tombol hapus data penjelajahan.









setelah proses hapus data penjelajahan selesai, rasakan apakah web browser google chrome kamu suda kembali normal.

jika belum, mungkin masalahnya pada perangkat keras contohnya seperti hardisk atau system suda terinfeksi virus. 

jika hardisk kamu mempunyai bad sector atau kualitas hardisk suda buruk maka perangkat lunak akan lambat.

kadang virus juga menjadi masalah pada kinerja perangkat lunak komputer, kalau dengan cara menghapus data penjelajahan tidak merubah kinerja web browser google chrome menjadi cepat, coba reset settingan google chrome kembali seperti baru habis diinstall. dengan cara sebagai berikut :

1. klik tombol yang bergaris tiga berada di pojok kanan atas google chrome , tombol (customize and control), kemudian klik setelan.

2. arahkan kursor kebawah kemudian klik tampilkan setelan lanjutan..

3. arahkan kursor kebawah lalu klik setel ulang setelan.









4. kemudian muncul notifikasi. Fitur ini akan menyetel ulang laman mulai, laman tab baru, mesin telusur, dan tab terpasang. Fitur ini juga akan menonaktifkan semua ekstensi dan menghapus data sementara seperti cookie. Bookmark, riwayat, dan sandi yang tersimpan tidak akan dihapus. lalu klik setel ulang.






Catatan : jika google chrome anda memakai bahasa inggris, sesuaikan bahasa google chrome menjadi bahasa indonesia

Baca juga : 

Cara mengubah setelan bahasa di google chrome menjadi bahasa indonesia

jika cara diatas tidak mengubah kinerja web browser google chrome kamu menjadi fast respon berarti yang bermasalah  adalah perangkat keras atau virus yang mengakibatkan kinerja google chrome kamu jadi lemot.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »