Komponen Komputer dan fungsinya




Sebelum merakit komputer, kita harus mengenal perangkat keras komputer atau komponen pada komputer yang meliputi unit input, unit proses, dan unit output. kita harus merakit komputer dan memasang satu per satu komponen tersebut agar supaya dapat menciptakan system operasi komputer untuk mengolah data.

Tujuan dari sistem komputer adalah mengolah data maka harus diperlukan elemen – elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan atau komponen komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah – perintah untuk melakukan proses data tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat dalam pengoperasian komputer tersebut.

Adapun Komponen komputer tersebut dibagi menjadi 3 bagian yaitu input device (alat masukan), output device (alat keluaran), dan alat proses (CPU).

1. Komponen Input Device
Input device adalah perangkat keras yang bekerja untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer, adapun contoh komponen komputer yang termasuk input device adalah :

  • Keyboard adalah  perangkat yang paling penting di komponen komputer. fungsi keyboard ini dipakai untuk memasukkan huruf, angka  dan perintah ke dalam system operasi khususnya system operasi berbasis text.



  • Mouse merupakan komponen yang befungsi untuk mengarahkan kursor pada system operasi berbasis grafis dan membuat perintah dengan cepat dibandingkan dengan keyboard, Mouse lebih banyak perkembangan, mulai dari mouse serial, mouse PS2, mouse scroll, dan mouse optik.

  • Joystick adalah alat yang biasa dipakai untuk bermain game di komputer, funsinya untuk mengatur gerak pada game di komputer.


  • Barcode, alat ini biasa digunakan untuk membaca suatu kode berbentuk kotak atau garis tebal yang terdapat pada produk makanan, minuman, alat elektronik dan lain lain. alat ini sering kita lihat pada kasir supermarket, alat ini berfunsi untuk mengidentifikasi harga produk melalui kotak atau garis tebal yang terdapat pada produk makanan, minuman dan lain lain

2. Komponen Output Device
Output device merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pengolahan data dari input device, adapun komponen output device antara lain :

  • Printer adalah perangkat untuk mencetak sebuah dokumen ke dalam sebuah kertas, printer terhubung ke komputer melalui usb dan wireless, untuk menghubungkan printer dan komputer maka kita harus menginstal driver printer agar supaya printer tersebut dapat dikenali oleh komputer.



  • Monitor adalah layar tampilan berbentuk sebuah system operasi komputer yang dihasilkan oleh komponen pemroses dan apa yang kita input akan di tampilkan di monitor, monitor mempunyai 2 jenis, yang pertama monitor tabung dan yang kedua monitor lcd.

3. Komponen Pemroses (CPU)
Komponen pemroses adalah komponen yang melakukan prosesing terhadap pengolahan data input device sampai memproses  keluarnya data ke output device, juga sebagai pengontrol kerja komputer, adapun komponennya adalah :

  • Memory (RAM) adalah komponen yang menyimpan data sementara ketika kita menjalankan komputer, data yang di simpan di memory adalah program system operasi komputer yang dijalankan oleh prosesor, semakin besar ukuran memory maka semakin besar pula kapasitas untuk menyimpan data yang dijialankan oleh prosesor. memory juga menjadi pembeda performa system komputer, jika sebuah memory mempunyai ukuran yang minim dan program yang dijalankan oleh prosesor memiliki kapasitas besar maka akan mengakibatkan performa system komputer menjadi lambat.

  • Mainboard atau motherboard merupakan komponen yang menjadi pusat komponen – komponen saling berhubungan, semua komponen saling berhubungan mulai dari input, output dan prosesor.

  • Prosesor merupakan otak komputer atau komponen utama yang memproses semua data.

  • Hard disk adalah media penyimpanan utama, semua data yang diolah tersimpan disini dan menjadi media penyimpanan yang permanen dan memiliki kapasitas yang besar.

untuk artikel kali ini sampai disini yaa sobatku, dan nantikan artikel saya selanjutnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »