Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet Muda

assalamualaikum wr wb

halo sobat, kemarin saya tidak enak badan sobat, gara gara club kesayangan ane di bantai abis abisan dengan skor 4 - 0, hadeuh kecewa kecewa. gara gara kekalahan tersebut saya jadi malas, lesu, dan pusing. malas kerja karena sampai di kantor ane di buly abis abisan sama teman ane.

soal kekalahan tersebut lupakan saja, dan saya harus bersemangat kembali sobat. supaya nulis artikelnya tidak jenuh dan malas.

sekarang saya mau berbagi tips merawat laptop cantik agar tetap awet muda :).




kita harus merawat laptop dengan baik, seperti kita merawat hewan peliharaan yang kita cintai. jika kita tidak merawat laptop dengan baik maka penyakit dan masalah pada laptop akan muncul satu persatu.

yang akan kita rawat adalah bagian perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).


A. Perangkat Keras

1. Jangan Menggunakan Laptop Pada Tempat Yang Berdebu
jika kalian menggunakan laptop pada tempat yang berdebu maka mengakibatkan fisik laptop menjadi kotor, apalagi debu tersebut sampai masuk ke dalam komponen laptop. debu sering menjadi masalah pada laptop, adapun masalah yang sering terjadi pada laptop yang berdebu adalah mati total.

2. Bersihkan Fisik Laptop
yang pertama kita rawat adalah fisik laptop, kita harus membersihkan debu debu yang berada pada keyboard, layar laptop dan lain lain. 

jika tidak di bersihkan, bisa jadi debu tersebut akan masuk kedalam perangkat laptop dan akan mengakibatkan pembuangan panas prosesor jadi tersumbat atau putaran kipas laptop menjadi tidak stabil karena debu debu telah banyak menempel pada kipas prosesor. debu debu yang banyak menempel pada kipas dan lubang pembuangan laptop bisa mengakibatkan laptop kalian mati total.

untuk membersihkan fisik laptop tentunya kita harus membutuhkan alat pembersi, alat pembersih yang biasa di pakai untuk membersihkan laptop adalah mini vacum cleaner untuk menghisap debu, kain mikrofiber untuk membersihkan layar monitor dan air blower untuk meniup debu yang sangat tebal. 

kalian juga bisa membeli cleaning kit 3 in 1 untuk membersihkan fisik laptop kalian.


2. Bersihkan Komponen Laptop
perawatan ini masih berkaitan dengan debu karena awalnya debu ini menempel pada fisik laptop dan karena tidak di bersihkan maka debu tersebut bisa jadi masuk ke komponen laptop. 

jika debu ini menempel pada kipas prosesor bisa jadi laptop kalian cepat panas, alat yang kita butuhkan untuk membersihkan debu pada komponen laptop adalah air blower karena air blower ini mempunyai tekanan tinggi untuk meniup debu yang menempel pada komponen laptop kita. 

untuk membersihkan debu pada komponen laptop maka di butuhkan keahlian dalam bongkar membongkar laptop.


3. Jangan ngecharger Laptop Pakai Mesin Genset
saya sarankan untuk tidak ngecharger Laptop Pakai Mesin Genset, karena menurut senior saya yang kerja di toko komputer, ngecharger Laptop Pakai Mesin Genset itu dapat merusak baterai laptop dan merusak komponen laptop.


4. Jangan matikan laptop secara paksa
tahukah kamu ? kalau mematikan laptop secara paksa dapat mengakibatkan hardisk laptop kalian cepat rusak. biasanya ketika kita mematikan paksa laptop ada bunyik klik dan bunyi tersebut berasal pada hardisk.


B. Perangkat Lunak

1. Jangan Sering Bermain Game Berat
jika kalian sering bermain game sampai berjam jam otomatis diperlukan charger untuk mengisi energi baterai laptop, jika sering ngecharger baterai laptop sambil bermain game maka kualitas dari baterai laptop kita akan menurun, contohnya laptop saya, dulu masih fresh baterai laptop saya tahan 3 jam 43 menit dan setelah sering di pakai bermain game berat kualitas baterai laptop saya jadi turun menjadi 1 jam 30 menit. jadi bermain game berat dapat mengakibatkan baterai laptop kita cepat rusak.


2. Jangan Sering Instal Ulang Laptop
kalau kita sering menginstal ulang laptop, masalah yang sering terjadi jika kita sering install ulang laptop adalah kinerja system operasi kita menjadi lambat walaupun system operasi laptop kita baru selesai di install ulang.

penyebab kinerja system operasi kita menjadi lambat adalah kualitas atau kesehatan hardisk kita berkurang, untuk melihat kualitas hardisk kita dapat menggunakan tool hiren's boot cd atau menggunakan software untuk melihat kualitas hardisk laptop kita. jika kualitas hardisk laptop kita 50% kebawah, file yang ada di dalam harus kita backup untuk mencegah kerusakan pada hardisk laptop kita.

3. Jangan Instal Software Yang Tidak Sesuai dengan Spek Laptop Kita
jika kita menginstal software yang tidak sesuai dengan spek laptop kita maka mengakibatkan laptop kita menjadi macet dan blue screen. ini yang sering terjadi pada pengguna laptop yang tidak mengetahui kualitas spek rendah. solusi mengatasi laptop macet adalah menghapus program berat melalui safe mode.


4. Jangan Sembarang Download File Di Internet
jangan sembarang download file di internet seperti video, musik, software dan lain lain, karena virus sekarang suda canggih, virus dapat menempel pada file yang kita download. untuk mencegahnya kita harus menginstal anti virus lokal dan interlokal.

5. Selalu Update Anti Virus
untuk mencegah virus masuk kedalam system operasi laptop kita, kita harus sering update anti virus karena perkembangan jenis virus ini sangat cepat. jika anti virus kita versi lama maka virus jenis baru tidak akan terdeteksi di anti virus versi lama.

sampai disini saja yaa sobat, Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet Muda, sebenarnya masih ada lagi yang lain tapi ini jari jari suda mengeluh. semoga Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet Muda dapat bermanfaat untuk kalian yaa sobat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »