Cara Memperbaiki Laptop Tidak bisa Booting (Mentok Di Logo)

assalamualaikum wr wb
hello teman teman, kali ini saya akan membagikan cara mengatasi laptop/komputer tidak bisa booting, Cara mengatasi tidak bisa masuk ke bios, Cara mengatasi Hardisk tidak terdeteksi.




hal ini sering terjadi pada laptop atau komputer yang suda lama di pakai, karena komponen komponen inti laptop atau komputer suda banyak merasakan kerja keras untuk menjalankan system operasi.

komponen inti yang saya maksud adalah prosesor, memory dan hard disk. biasanya komponen yang sering bermasalah pada laptop atau komputer yang suda lama adalah hard disk dan memory.

hard disk adalah tempat penyimpanan data dan system, apabilah hard disk yang kurang perawatan maka hard disk tersebut akan cepat rusak walaupun usianya belum cukup lama. menurut saya hard disk yang kurang perawatan itu seperti, hard disk sering di install ulang system operasi, hard disk kurang melakukan defragmentasi.

kurangnya perawatan pada hard disk akan mengakibatkan kualitas atau kesehatan hard disk akan berkurang, untuk mengetahui kualitas atau kesehatan hard disk, bisa menggunakan software HD Sentinel.

masalah hard disk rusak seperti laptop atau komputer tidak bisa masuk booting windows dan hanya mentok di logo merk laptop dan tidak bisa masuk ke bios. 
sekarang saya akan memberitahukan cara mendeteksi hard disk rusak :


Cara Pertama #Lepaskan Hard Disk
buka casing komputer atau laptop kalian, kemudian lepaskan hard disk dari mainboard kemudian nyalakan komputer atau laptop tanpa hard disk, lalu masuk ke bios, jika bisa masuk ke bios sekarang lanjut ke cara yang ke dua

Cara Ke Dua #Ganti Hard Disk
jika awalnya system operasi sering mengalami not responding, kinerjanya lambat padahal habis di install ulang dan setelah laptop atau komputer dinyalakan, hard disknya tidak terdeteksi, pasang kembali hard disk yang dilepas tadi dan coba masuk ke bios jika tidak bisa masuk ke bios cobalah ganti hard disk komputer atau laptop kalian dengan hard disk yang baru. 

karena tanda tanda hard disk yang tidak sehat contohnya system operasi sering mengalami not responding dan lambat padahal habis di install ulang.

sebenarnya dengan 2 cara ini menurut saya suda bisa mengatasi laptop/komputer tidak bisa booting atau tidak bisa booting masuk ke bios. 

karena masalahnya memang terdapat pada hard disknya yang suda rusak. biasanya tanda tanda hard disk rusak itu awalnya kinerja system operasi suda mulai lag/lambat dan sering not responding dan ketika laptop dijalankankan, laptop tidak bisa mendeteksi hard disk, tidak bisa masuk bios dan laptop dinyalakan mentok di logo merk laptop, inilah contoh kalau hard disk laptop suda rusak dan harus di ganti dengan yang baru.

sebenarnya ini adalah penglaman saya memperbaiki laptop teman saya, dan setelah saya ganti hard disk, laptop teman saya kembali normal. semoga artikel kali ini bermanfaat yaa teman teman.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »