2 Cara ini Ampuh Menghilangkan Check Hard Disk (CHDSK) Pada Komputer/Laptop

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Hello Teman teman, sekarang saya akan membagikan cara menghilangkan checking file system pada saat menyalakan laptop atau komputer atau biasa di kenal check disk.

setiap menyalakan laptop atau komputer selalu muncul tampilan seperti gambar di bawah ini





ini adalah salah satu ciri ciri hard disk laptop atau komputer sedang bermasalah, dan selalu muncul pada saat start up.


kadang kita merasa terganggu dengan check disk ini, kita ingin cepat cepat membuka laptop dan tapi muncul check disk dan memulai proses yang lumayan memakan waktu yang lama tergantung banyaknya file yang di proses.


penyebab dari muncul check disk ini berbeda beda, dibawah ini adalah penyabab munculnya tampilan check disk pada saat komputer atau laptop dinyalakan :



  • komputer sering dimatikan secara terpaksa dengan menekan tombol power.
  • system operasi bermasalah
  • saya pernah mendapatkan komputer check disk setelah proses scan virus selesai dan kemudian komputer restart, lalu muncul tampilan check disk ini, mungkin penyebabnya adalah virus.

pengalaman saya proses check disk kadang hanya muncul sekali saja.

tapi ada juga kasus proses check disk ini selalu muncul pada saat komputer atau laptop dinyalakan.

kalau proses check disk ini selalu muncul saran saya jangan dulu langsung instal ulang system operasi laptop dan komputer kalian. coba lakukan dulu solusi ini yang akan saya berikan ini.

pada saat laptop atau komputer dinyalakan tekan tombol apa saja untuk melewatkan proses check disk karena menghilangkan proses check disk melalui tool pada windows.




berikut 2 cara menghilangkan check disk pada laptop atau komputer :

1. Cara Menghilangkan Check Disk Melalui Command Promt
buka program run dengan cara tekan tombol Windows + R kemudian ketik cmd lalu klik ok.


kemudian ketik chkntfs /x dan di ikuti dengan partisi hard disk c: d: lalu tekan enter dan tunggu prosesnya sampai selesai. setelah prosesnya selesai kemudian restart laptop atau komputer kalian. jika masih muncul check disk, kemudian kita coba cara yang ke dua.


keterangan : c: d: adalah partisi yang terdapat pada hardisk komputer atau laptop. jadi, sesuaikan dengan partisi komputer atau laptop kalian.
contohnya seperti gambar di samping ini.




2. Melalui Registry (regedit)
jika dengan cara pertama belum dapat mengatasi masalah munculnya check disk pada saat komputer atau laptop dinyalakan, oke langsung saja teman teman.

⇒ pertama buka program dengan cara tekan tombol Windows + R kemudian ketik regedit lalu klik ok. setelah klik ok akan muncul user account control dan klik yes.




⇒ kemudian dobel klik HKEY_LOCAL_MACHINE ➤ dobel klik SYSTEM  ➤ dobel klik CurrentControlSet ➤ dobel klik Control ➤ dobel klik Session Manager ➤ dobel klik BootExecute, kemudian ketik /k: dan di ikuti dengan partisi hard disk komputer atau laptop kalian, lalu klik ok. lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.



dengan 2 cara ini menurut saya cukup ampuh menghilangkan check disk pada saat komputer atau laptop dinyalakan. saran saya setelah check disk di hilangkan pada saat komputer atau laptop dinyalakan, cobalah cek kesehatan hard disk laptop kalian dengan menggunakan tool yang terdapat pada windows.

agar supaya masalah pada hard disk bisa kita ketahui supaya kita siaga akan kerusakan hard disk, dengan memindahkan file penting pada hard disk yang hampir rusak tersebut ke hard disk eksternal. semoga artikel ini bermanfaat yaa teman teman  dan jangan lupa di share yaa :)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »