Mengenali Masalah DISK BOOT FAILURE, INSERT SYSTEM DISK AND PRESS ENTER, dan Cara Mengatasinya

assalamualaikum wr wb
hello teman teman, malam ini saya kembali menulis untuk membagikan pengetahuan dan pengalam saya dalam memperbaiki permasalahan pada laptop maupun komputer.

kemarin saya tidak sempat menulis teman teman karena saya lagi serius mempelajari web programer.

pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam memperbaiki komputer.

dulu teman saya menanyakan masalah komputernya yang lagi bermasalah, katanya komputernyanya tidak mau masuk start windows hanya muncul tulisan disk boot failure, insert system disk and press enter.




dan sekarang saya akan membahas masalah disk boot failure, insert system disk and press enter dan cara mengatasinya.


hard disk adalah sebuah komponen komputer/laptop yang berperan sebagai penyimpanan data secara permanen.


apabila hard disk laptop atau komputer kita mengalami masalah yang masih bisa di perbaiki, saran saya back uplah data yang tersimpan pada hard disk yang bermasalah tersebut sebelum hard disk mengalami kerusakan permanen atau kerusakan yang tidak bisa lagi di perbaiki.


baca juga : 


munculnya tulisan disk boot failure, insert system disk and press enter pada saat laptop atau komputer booting adalah ciri ciri hard disk bermasalah.


ada dua masalah yang terdapat pada tulisan disk boot failure, insert system disk and press enter, berikut ini saya akan memberitahukan masalah yang terjadi pada tulisan disk boot failure, insert system disk and press enter :



1. System Operasi Hilang/Terformat
masalah yang biasa saya dapatkan pada tulisan disk boot failure, insert system disk and press enter adalah system operasi yang ada di hard disk tersebut hilang atau terformat.

mungkin kita/atau teman tidak sengaja memformat partisi yang berisikan system operasi dan untuk mengetahui kalau masalah disk boot failure, insert system disk and press enter adalah system operasi hilang, rusak, atau terformat. 

dengan cara masuk ke bios terus lihat status hard disk terdeteksi atau tidak, kalau terdeteksi berarti system operasinya hilang atau terformat dan solusinya install ulang komputer. dibawah ini adalah gambar status hard disk terdeteksi dan tidak terdeteksi :







2. Kabel Sata/ATA dan Kabel Power Bermasalah
masalah muncul tulisan disk boot failure, insert system disk and press enter juga terjadi apabilah kabel data Sata atau ATA bermasalah, kabel data sata yang bermasalah biasanya di tandai di bios kalau hard disk tidak terdeteksi di bios. solusinya :


  • matikan komputer anda kemudian bongkar CPU dan cari hard disk, lalu cabut kabel SATA/ATA dan kabel power dari hard disk kemudian bersihkan pakai kuas lalu pasang kembali setelah itu coba jalankan komputer anda.










  • jika belum teratasi coba pindahkan kabel sata yang di mainboard ke colokkan yang ke dua kemudian nyalakan komputer anda.





jika dengan 2 cara di atas tidak dapat mengatasi masalah disk boot failure, insert system disk and press enter berarti hard disk komputer anda rusak permanen dan harus di ganti dengan hard disk yang baru, karena dengan 2 cara di atas, komputer yang saya perbaiki kembali berjalan seperti biasanya.


demikianlah cara saya mengatasai masalah disk boot failure, insert system disk and press enter, semoga bermanfaat yaa teman teman.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »