Mengenal BIOS Pada Komputer dan Cara Kerjanya

assalamualaikum wr wb
pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang cara kerja bios pada komputer.




Pengertian BIOS (Basic Input Output System)
BIOS (Basic Input Output System) adalah software yang di pasang pada chip komputer untuk mengatur perangkat keras komputer seperti hard disk, memory, VGA dan lain lain. bios di tanam pada sebuah chip memory ROM (Read Only Memory) yang terdapat pada mainboard komputer. 

pada bagian mainboard komputer terdapat baterai CMOS (Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor) yang berfungsi sebagai alat yang menjaga settingan bios kita tidak berubah atau kembali ke settingan awal meskipun komputer kita di matikan.


Fungsi Bios
Bios berfungsi untuk mengatur perangkat keras pada komputer secara software atau dengan kata lain biasa di sebut dengan istilah jumper less. selain itu, bios juga mempunyai fungsi lainnya, berikut ini adalah fungsi bios lainnya :



➽ Menjalankan Perintah POST (Power On Self Test)
POST berjalan pada saat komputer melakukan proses booting yang bertujuan untuk mengecek perangkat atau komponen pada komputer apakah komponen telah berjalan dengan baik. jika salah satu komponen bermasalah maka kode kesalahan akan muncul berupa bunyi beep atau kode kesalahan yang berupa text, kode kesalahan ini biasa muncul setelah proses POST selesai.


➽ Mengatur Konfigurasi Perangkat Komputer
kita biasa mengatur konfigurasi bios pada saat kita melakukan instal system operasi pada komputer kita, bukan cuma itu saja, di pengaturan bios kita dapat mengatur tanggal bios, melihat status hardisk yang terdeteksi di bios, cek temperatur dan lain lain.


➽ Memberikan Informasi Dasar Pada System BIOS
fungsi bios lainnya adalah memberikan informasi dari hasil konfigurasi bios pada system bios, contoh informasi yang di dapatkan dari konfigurasi bios adalah device yang pertama melakukan booting pada saat komputer dinyalakan atau informasi status hardisk.


Cara Kerja Bios
seperti yang saya jelaskan di atas bahwa fungsi bios adalah menjalankan perintah post, mengatur konfigurasi perangkat komputer dan memberikan informasi dasar pada system bios, sedangkan cara kerjanya dimulai dari proses inisialisasi, dimana proses inisialiasasi kita dapat melihat memory yang terinstall, jenis hard disk dan sebagainya.

kemudian bios akan mencari, menginisialisasi dan menampilkan informasi perangkat komputer kemudian bios melakukan pengecekkan terhadap perangkat komputer apakah dalam kondisi baik, setelah proses pengecekkan selesai kemudian bios mencari lokasi booting device dan system operasi yang terpasang pada komputer.

demikanlah artikel saya kali ini semoga bermanfaat, dan nantikan artikel saya selanjutnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »