Masalah Yang Sering Terjadi Pada Printer

Printer adalah komponen output yang bekerja untuk mencetak dokumen yang berupa text dan gambar dengan menggunakan kertas, ada tiga jenis printer yaitu printer ink jet, printer dot matriks dan printer laser jet.

Dari ketiga jenis printer tersebut mempunyai perbedaan dari segi kualitas cetakan maupun jenis tintanya. Berikut ini perbedaan printer ink jet, printer dot matrix dan printer laser jet :

Printer Ink Jet
Jenis printer ini sangat laku di pasaran karena harganya relatif murah, printer ink jet mencetak dengan menggunkan tinta cair atau kalau bahasa teknis itu tinta dye.

Sekarang printer ini banyak di jual dengan system infus karena dengan menggunakan infus kita tidak repot lagi buka catridge untuk mengisi tinta dan tinta yang ada pada infus lama habis.

Printer Dot Matrix
Printer dot matrix mencetak menggunakan metode pencetakan dengan pita, hasil dari cetakan printer ini kurang berkualitas dan printer ini hanya bisa mencetak dengan satu warna saja yaitu warna hitam.

Kualitas dari printer dot matrix ini sama dengan mesin tik dan masalah dari printer ini sangat jarang muncul.

Printer Laser Jet
Printer laser jet mencetak file dokumen menggunakan tinta bubuk atau biasa di sebut dengan toner, cara kerja printer ini hampir sama dengan mesin foto copy. Tapi harganya lumayan mahal di bandingkan dengan printer ink jet dan dot matrix.

Sebelum kalian membeli printer, kalian harus mengetahui masalah masalah yang sering terjadi pada printer. Berikut ini adalah masalah masalah yang sering terjadi pada printer :

1. Printer tidak dapat mencetak (pending)
Terkadang kita ingin ngeprint dan print suda siap untuk mencetak namun pada saat kita mencetak dokumen dengan ctrl + p, dokumen kita tidak dapat tercetak oleh print dan status dokumen yang ada di icon print menampilkan pending.

Kalau pengalaman saya, yang bermasalah itu adalah system komputer kita. untuk cara mengatasinya cukup meng-cancel atau membatalkan dokumen yang terpending tadi, dengan cara meng-cancel biasanya proses print dokumen akan berjalan dengan lancar. 

jika tidak, langkah selanjutnya adalah me-restart service print spooler dan menghapus dokumen pending yang ada di folder system print spooler.

2. Printer tidak dapat menarik kertas
Masalah ini biasa muncul pada printer jenis ink jet, printer tidak bisa menarik kertas kemudian printer mengirim pesan erorr pada komputer. 

Biasanya masalah ini muncul karena posisi kertas tidak bagus dan kertas terlalu banyak di taruh di printer.

Coba perbaiki dan kurangi kertas pada printer kemudian bersihkan debu yang terdapat pada roda penggerak.

3. Kertas macet atau tersangkut di dalam
Ketika kita melakukan pencetakan dokumen kertas tersangkut di dalam print, masalah berkaitan dengan masalah yang ke 2 yaitu posisi kertas tidak bagus dan kertas menumpuk pada printer.

Itulah masalah yang sering terjadi pada printer dan printer yang sering bermasalah adalah printer yang di pasang system infus.

Lain kali saya akan membahas masalah yang sering terjadi pada printer ink jet dengan system infus. semoga bermanfaat yaa

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »